KEBUN PERCOBAAN TELUK DALAM

Kebun Percobaan Teluk Dalam adalah salah satu laboratorium lapangan yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, memiliki luas + 18 ha, berlokasi di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupate Kutai Kartanegara. Kebun Percobaan Teluk Dalam memiliki fungsi sebagai lokasi praktek dan penelitian bagi mahasiswa dan staf pengajar Fakultas Pertanian Unmul. Perjalanan ke Kebun Percobaan Teluk Dalam dari Kota Samarinda dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Lahan Kebun Percobaan Teluk Dalam diperoleh dari hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1980-an. Kemudian pada tahun 2000, saran dan prasarana Kebun Percobaan Teluk Dalam mulai dibangun menggunakan dana bantuan dari lembaga Overseas Economic Cooperation Fund (OECF), meliputi Gedung Diklat, workshop dan guest house. Pada tahun 2008, Fakultas Pertanian mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim untuk membangun fasilitas kandang ayam dan kandang sapi untuk Program Studi Peternakan. Selain berfungsi sebagai lokasi praktek dan penelitian, kebun Percobaan Teluk Dalam juga berfungsi sebagai lokasi pelestarian plasma nutfah, khususnya tanaman buahbuahan dan tanaman obat tropika basah. Fakultas Pertanian Unmul kedepannya terus berupaya untuk menambah koleksi tanaman khas Kalimantan sehingga dapat digunakan sebagai lokasi penelitian plasma nutfah tanaman buah dan obat di Kalimantan Timur.

Bidang Pendidikan dan Pelatihan
Kebun Perobaan Teluk Dalam juga dimanfaatkan sebagai lokasi pelatihan dan penyuluhan dibidang pertanian, sehingga sangat membantu bagi staf pengajar Fakultas Pertanian Unmul untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masayarakat. Beberapa kegiatan pelatihan dan penyuluhan telah dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian Unmul di Kebun Percobaan Teluk Dalam, baik yang bekerja sama instansi pemerintah maupun swasta. Kegiatan pelatihan dan penyuluhan yang dapat dilaksanakan di Kebun Pecobaan Teluk diantaranya:

  • Pelatihan budidaya tanaman (semusim dan tahunan)

  • Pelatihan penerapan teknologi pertanian (mekanisasi)

  • Pelatihan pembuatan pupuk organik

  • Pelatihan pembuatan pestisida nabati

  • Pelatihan pengendalian hama terpadu

  • Pelatihan teknologi pasca panen (pertanian dan peternakan)

  • Pelatihan pembuatan pakan ternak


Fasilitas

Kebun Percobaan Teluk Dalam telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang berupa gedung diklat kapasitas 100 orang, guest house, workshop alat mekanisasi pertanian, rumah kompos, lantai jemur, green house dan fasilitas lainnya.

Rencana Pengembangan Kebun Percobaan Teluk Dalam akan terus dikembangkan, baik dari segi sarana dan prasaranaya maupun dari segi fungsinya sesuai dengan kebutuhan pengembangan keilmuan di bidang pertanian. Rencana pengembangan Kebun Percobaan Teluk Dalam dapat dilihat pada site plan Kebun Percobaan Teluk Dalam.