IDB SIAP KUCURKAN DANA UNTUK UNMUL

2016-07-21 09:32:04

WAKIL Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr.Bohari Yusuf.,M.Si memastikan Universitas Mulawarman akan menerima bantuan dana dari IDB (Islamic Development Bank), yang berkantor pusat di Jeddah, Arab Saudi. Setelah melewati beberapa proses seleksi panjang dan melengkapi beberapa persyaratan yang di tentukan dari IDB, dana bernilai US$ 51 Juta dari dana perjanjian pinjaman luar negeri (Loan Agreement) tersebut, akan digunakan Kampus Hijau untuk pembangunan sektor fisik dan non fisik. “Patut kita syukuri bersama bahwa saat ini Unmul dalam waktu dekat akan mendapat kucuran dana cukup besar senilai US$ 51 Juta lebih atau bila di rupiahkan berjumlah 693 Miliar lebih. Dana tersebut guna membangun tujuh gedung di Kampus terbesar di Kalimantan Timur ini, diantaranya Information and Communication Technology (ICT) Center, Gedung Perkuliahan, Laboratorium, dan Dekanat Fakultas Teknologi dan Komputer (FTIK),Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat, Laboratorium Fakultas Farmasi, serta Laboratorium terpadu, “ jelasnya saat ditemui Humas Unmul diruang kerjanya, Selasa, (08/02).

Tidak hanya sekedar membangun gedung, dari segi infrastruktur yang bermanfaat untuk mahasiswa, Unmul juga sudah menyiapkan rancangan design ruang belajar terbuka, sistem pengendalian banjir di lingkungan kampus, jaringan fiber optic, pedestrian, pengelolaan limbah, hingga akses jalan untuk gedung-gedung yang baru dibangun. Dirinya juga menegaskan dari dana yang tersedia akan dimanfaatkan untuk bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti peningkatan kualitas dosen dan lainnya. “Terdekat, bulan maret tahun ini Detail Engineering Design (DED) nya sudah mulai dibuat, sedangkan pembangunannya dimulai tahun 2017,” ujar Dr. Bohari. “Harapannya bisa sukses, dan semua pihak di Unmul dapat mendukung hal ini, khususnya fakultas-fakultas yang mendapatkan bantuan, karena implementasi dari proyek ini hingga 2019, di tahun tersebut kita berharap pembangunan fisik selesai, dilanjutkan pada tahun berikutnya untuk sekolah dosen, riset-riset dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada di Kampus ini,” tambahnya.

Sementara itu diketahui, Tim IDB Unmul terdiri dari Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si (Director), Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Bohari Yusuf., M.Si (Vice Director), Dr. Sc. Mustaid Yusuf., M.Si (Executive Director), Dr. Anton Rahmadi., M.Sc (Executive Secretary), Dr. H. Tamrin., MT (Person in Charge Civil Works), Rusfinah Widayati, ST., M.Sc (Person in Charge Procurement), Dr. Zeni Haryanto., M.Pd (Person in Charge Program), Abdul Gafur, SE., M.Si (Person in Charge Finance), serta Andi Purnawarman, S.Sos., M.Si (Person in Charge Monitoring and Evaluation). Selain Universitas Mulawarman, ada tiga perguruan tinggi lain yang menerima dana dari IDB, yakni Universitas Negeri Malang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, dan Universitas Jember. (hms/frn)